Rabu, 03 Februari 2010

Yuk, Kenali Produk Pupuk Mikro

Yuk, Kenali Produk Pupuk Mikro
Produk pupuk mikro beraneka ragam dengan bentuk, kandungan, dan cara aplikasi  berbeda.
Kondisi lahan pertanian Indonesia, menurut Prof. Dr. Iswandi Anas, Kepala Laboratorium Bioteknologi Tanah, IPB, semakin memprihatinkan. Dari pengamatannya, hampir 73% lahan daratan maupun sawah, dalam kondisi kritis. Hal tersebut terciri dengan kandungan bahan organik yang kadarnya sudah kurang dari 1%. “Padahal, bahan organik itu ibarat nyawanya tanah,” ungkap Dewan Pupuk Nasional itu.
Unsur mikro yang didominasi Fe, Mn, Mo, B, Cu, Zn, dan Cl nyatanya bukan sekadar pelengkap. Kehadirannya menjadi penyinergi unsur makro agar mudah terserap tanaman. Tiap jenis tanaman membutuhkannya dalam proses pertumbuhan dan pembuahan. Tujuan akhirnya berujung pada peningkatan kualitas dan kuantitas panenan. Lalu, ragam produk pupuk mikro apa saja yang beredar di pasaran?
Banyak Merek
Dari penampakan fisik, pupuk mikro terbagi atas bentuk padat dan cair. Bentuk padat dapat berupa glanular atau serbuk. Pupuk mikro serbuk biasanya dikemas eceran dalam ukuran kecil 25 mg. Sedangkan pupuk mikro cair, tersaji dalam kemasan botolan. Ukurannya beragam, mulai kemasan 100 ml sampai 1 liter.
Kelanjutan tentang tulisan ini baca di Tabloid AGRINA versi Cetak volume 5 Edisi No121 yang terbit pada Rabu, 3 Februari 2010.

Tidak ada komentar: